OUR SOCIAL MEDIA
LIKE US ON
FACEBOOK PAGES
FOLLOW US ON
INSTAGRAM
ORDER PRODUK KAMI VIA
Whatsapp =
0878-8181-7400
(no call / no sms)

LINE@ =
@PEZ8633Y

Thursday 29 September 2016

Apa itu clay & tips untuk pemula

Jaman dulu clay hanya diidentikkan dengan tanah liat. Kerajinan tangan clay adalah jenis kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar sehingga texture-nya menjadi keras. Sehingga kerajinan clay jaman dulu sulit ditemukan bahkan hanya orang ahli dengan material pendukung yang lengkap saja yang bisa membuatnya.

Namun sekarang kerajinan tangan clay lebih diidentikkan dengan bahan yang sifatnya liat/dapat dibentuk. Seiring kemajuan waktu, kerajinan tangan clay pun juga semakin berkembang, bahan clay sekarang memiliki banyak jenis dengan tekstur dan warna yang beragam. Dan bahan clay pun sudah lebih mudah ditemukan, namun untuk menciptakan kreasi yang dapat bertahan lama, pastikan bahan clay yang *Kawan Dogsy* pilih sudah betul ya.

Berikut Dogsy Clay infokan tips untuk *Kawan Dogsy* yang mau membuat kerajinan tangan clay :
  • Jika memang pajangan clay mau awet lama pastikan membeli bahan clay yang bermerk dimana bahan clay tersebut dapat menjamin bahwa clay ini tidak akan berjamur setelah kering.
  • bilamana pajangan clay yang mau dibuat nantinya akan diletakan dalam kondisi terbuka, lebih baik gunakan clay yang NON GABUS atau hasil jadinya benar-benar keras, supaya lebih awet.
  • Jika dirasa adonan clay menempel ditangan, gunakan baby oil / vaseline ditangan terlebih dahulu sebelum membuat clay.
  • Alat clay tergantung masing-masing orang, seiring dengan terus berlatih & mencoba nantinya pasti akan menemukan alat clay yang benar-benar sesuai.
  • Practice Makes Perfect, banyaklah berlatih & mencoba supaya tanganmu semakin terbiasa dan tidak kaku lagi.
Berbagi sedikit tetang apa sih yang Dogsy Clay pilih dalam membuat kerajinan tangan clay :
  • Clay yang Dogsy Clay gunakan adalah Blessing Clay, clay ini adalah bertipe Air Dry Clay dan diproduksi di Indonesia (cintailah produk-produk Indonesia haha ^^). Hasil jadinya keras & tentunya 100% tidak akan berjamur, ada 16 pilihan warna juga sehingga memudahkan dalam pembuatan clay.
  • Karena tekstur Blessing Clay yang keras & 100% tidak akan berjamur, sehingga semua kerajinan tangan Dogsy Clay lebih awet juga pastinya, ditambah lagi setelah clay benar-benar kering difinishing dengan Varnish Glossy / Varnish Matte tergantung kesukaan akan menambah keawetan dari clay tersebut.
  • Dogsy Clay menggunakan Johnson's baby oil bilamana terkadang ada clay yang lengket ditangan dan membuatnya sulit untuk dibentuk. Tapi tenang saja masalah lengket bisa ditangani dengan bantuan sedikit baby oil / vaseline (kalau tangan terlalu kering gunakan baby oil, tapi kalau tangan terlalu basah / sering berkeringat gunakan vaseline) lalu uleni sebentar sampai clay dirasa tidak terlalu lengket untuk dibentuk.
  • Alat yang Dogsy Clay gunakan banyak sekali hahaha, karena kerajinan tangan clay ini bukan sekedar iseng namun mata pencaharian bagi Dogsy Clay sehingga hampir semua jenis alat clay dibeli hahaha, bilamana ada kesempatan akan difotokan untuk dilampirkan disini ya ^^.
  • Kerjinan tangan clay sudah Dogsy Clay geluti dari sejak 2012, dan tanpa henti terus berlatih dan mencoba, sayangnya karya pertama saat belajar rusak karena clay yang digunakan clay murah dan ternyata clay itu bisa berjamur T__T sedih banget. Dan pada 2013 dengan penuh percaya diri Dogsy Clay mulai berbisnis dibidang kerajinan tangan clay ini sampai sekarang ^^.
Nah, bagaimana *Kawan Dogsy* ^^? semoga informasi diatas dapat sedikit membantu ya. Selamat berkarya ya *Kawan Dogsy*, salam kreatifitas dari Dogsy Clay ^^.

No comments:

Post a Comment